Objek Wisatawan Di Labuan Bajo Yang Terbaik

Wisatawan

Wisatawan Di ujung paling barat Pulau Flores , kota Labuan Bajo, atau juga dibilang Labuan Bajo, berada di tempat nelayan yang damai dengan fasilitas wisatawan yang sangat komprehensif. Logika sentral untuk berbagai fasilitasnya adalah daya tarik wisatawan yang luar biasa terhadap keberadaan komodo, yang disebut ora lokal, jika bukan karena taman nasionalnya yang luar biasa yang mencakup sekitar 80 pulau.

Bagi kebanyakan pelancong dan orang barat yang memiliki banyak bisnis di sini, kota yang sedang berkembang ini entah bagaimana menguntungkan dan bahkan romantis. Pemandangan di pondok kayu dengan atap jerami yang disamarkan oleh semak belukar dan pepohonan yang menjulang tinggi di kota yang landai, menghadap ke pelabuhan yang indah, membuat percakapan malam dengan rekan-rekan perjalanan menjadi pengalaman yang tak terlupakan. Bagi beberapa petualang, Labuan Bajo bisa menjadi liburan yang ideal.

Dimana Labuan Bajo?

Labuan Bajo terletak di ujung barat pantai barat Pulau Flores, yang merupakan bagian dari provinsi Nusa Tenggara Timur. Ini adalah bagian dari Kepulauan Sunda Kecil, sebuah kepulauan yang terdiri dari provinsi Bali, Nusa Tenggara Timur, Nusa Tenggara Barat, dan beberapa bagian di provinsi Maluku.

Lewat Udara

Terbang ke Labuan Bajo adalah mungkin bagi Bandara Komodo  yang buka untuk beroperasi. Transnusa Airlines secara langsung menghubungkan Labuan Bajo dengan beberapa kota di Indonesia, seperti Denpasar, Kupang, Ende, dan Mataram. Dengan penerbangan penghubung, Labuan Bajo juga terhubung dengan Kalabahi di Alor. Ini juga berhubungan dengan Bajawa, Sikka, Manggarai, dan Larantuka via Ende, Kupang, Maumere, Ruteng, dan Tambolaka. Silakan kunjungi situs webnya untuk jadwal penerbangan yang lebih rinci.

Melalui Darat

Perjalanan darat melintasi Pulau Flores mungkin tapi mahal, menghubungkan Labuan Bajo di bagian paling barat ke tempat-tempat terkenal di bagian timur. Sebuah bus dari Denpasar , Bali, mungkin akan menuju  Mataram di Lombok . Dari situ Anda akan melakukan petualangan darat yang jauh di bus ke  Bima , Sumbawa. Di Bima, Anda akan melanjutkan perjalanan yang melelahkan ke  Sape . Saat Anda mencium tanah di Sape, Anda bisa naik feri ke   Labuan Bajo.

Hal Terbaik Yang Harus Dilakukan Di Labuan Bajo

1. Trek Melalui Hutan Komodo

Sebagian besar wisatawan mencari hal – hal yang harus dilakukan di Flores  datang mengunjungi Pulau Komodo, rumah bagi komodo yang terkenal. Untuk melihat Komodo, Anda harus mengikuti tour Pulau Komodo dengan salah satu penjaga hutan. Ada sejumlah kenaikan yang bisa dipilih mulai dari kenaikan pendek, yang memakan waktu 20 menit, hingga kenaikan semalam dimana Anda bisa berkemah di pulau ini. Waktu terbaik untuk mengunjungi Pulau Komodo adalah pada sore hari ketika komodo besar duduk dengan malas di tempat teduh dan naga bayi mengembara melalui padang belantara.

2. Di Pulau Padar

Pulau Padar menurut saya merupakan sorotan alami dari pulau-pulau Komodo. Pulau ini terkenal dengan sudut pandang dari mana Anda bisa melihat tiga pantai Pulau Padar (satu berwarna putih, satu berwarna pink dan yang lainnya adalah pantai pasir hitam). Waktu terbaik untuk melakukan pendakian adalah di pagi hari untuk matahari terbit. Berhati-hatilah ada Komodo Dragons di pulau ini dan mereka berkeliaran di bawah naungan batu karang (yang mana yang akan Anda inginkan).

3. Berenanglah Dengan Mantas Di Manta Point

Manta Point adalah salah satu tempat paling terkenal untuk menyelam di dekat Labuan Bajo. Ini adalah tempat dimana saya bertemu dengan penyu yang berbicara dengan Manta Rays. Tapi yang lebih serius adalah salah satu situs menyelam Pulau Komodo terbaik. Alasan Manta Point begitu populer adalah arus kaya nutrisi kuat yang mengalir melalui selat yang menarik banyak aliran Manta Rays. Manta Point dianjurkan bagi para penyelam yang memiliki pengalaman dengan drift dives.

4. Scuba Diving Dan Snorkeling

Karena ada banyak tempat menyelam yang menakjubkan di sekitar Labuan Bajo, scuba diving dan snorkeling jelas merupakan hal yang paling menonjol untuk dilakukan di sini. Jika Anda cukup beruntung, Anda bahkan bisa berenang berdampingan dengan lumba-lumba atau bahkan paus. Karena kekayaan alam bawah lautnya, perairan di sekitar Labuan Bajo juga ditunjuk sebagai tempat menyelam terbaik kedua di dunia, setelah Raja Ampat, menurut CNN International 2015. Beberapa tempat menyelam kelas dunia seperti Toko Toko, Crystal Rock, dan Manta Point siap memuaskan rasa lapar Anda akan petualangan kelautan yang spektakuler.

5. Gua Rangko

Terletak di Desa Rangko, Pulau Gusung, gua ini akan menjadi tempat yang layak untuk dikunjungi di Labuan Bajo. Cara terbaik adalah mengunjungi gua di siang hari sehingga Anda bisa menyaksikan sinar matahari berseri-seri dari lubang di langit-langit. Gua ini yang memberi Anda kombinasi pemandangan indah dan petualangan seru. Juga disebut sebagai Gua Rahasia karena lokasinya yang terpencil di tengah laut. Saat memasuki gua Anda akan melihat banyak stalaktit. Dan stalagmit serta kolam air asin alami 3,4 meter yang menggoda dengan tingkat kejelasan yang sangat baik. Sungguh pemandangan indah untuk dilihat dan pengalaman yang tak terlupakan.

6. Perjalanan Menuju Air Terjun Cunca Rami

Air terjun Cunca Rami adalah perjalanan sehari dari Labuan Bajo dengan mobil. Air Terjun Cunca Rami terletak di lembah yang terisolasi. Anda perlu mengikuti jalur jepit rambut yang sempit di sepanjang jalan yang bergelombang untuk sampai ke desa terdekat ke air terjun. Begitu sampai di desa, Anda perlu mendaki selama 20 menit di samping sebuah sungai kecil untuk mencapai Cunca Rami. Perjalanan itu sangat berharga. Anda benar-benar bisa berenang di danau di dasar air terjun jika Anda membawa barang berenang Anda. Ingatlah bahwa sebaiknya Anda menyewa pemandu dari desa untuk perjalanan terakhir

7. Pergi Caving Di Batu Cermin

Gua Batu Cermin adalah salah satu dari sedikit tempat wisata di Labuan Bajo yang sebenarnya dekat dengan kota. Gua-gua itu terletak di ngarai alami di antara tebing terjal. Puncak situs ini adalah gua Batu Cermin, yang berarti gua Mirror Rock berbahasa Indonesia. Gua mendapatkan nama ini, karena kristal di batu karang yang mencerminkan sinar matahari. Waktu terbaik untuk mengunjungi gua adalah antara 9-10 pagi di pagi hari ketika matahari datang melalui sebuah lubang di batu yang menerangi kristal.

Berkeliling Pulau Labuan Bajo

Karena ada banyak pulau yang tersebar di sekitar Labuan Bajo, wisatawan sering ikut serta dalam kegiatan menarik yang disebut Pulau Hopping. Ini adalah perjalanan yang terdiri dari beberapa pulau yang dilakukan dalam waktu yang relatif singkat, misalnya 1 hari atau kurang, untuk mengalami yang terbaik dari setiap pulau sebanyak mungkin dalam waktu sesingkat mungkin. Berikut adalah beberapa pulau terbaik yang dapat Anda kunjungi dan banyak hal yang harus dilakukan di Labuan Bajo Indonesia

1. Pulau Kalong

merupakan salah satu dari sekian banyak pulau yang memiliki keistimewaan istimewa menjadi habitat ribuan kelelawar yang tinggal di sana. Tempat ini segera menjadi tujuan favorit turis, dimana orang bisa menyaksikan koloni kelelawar terbang dari sarang mereka setiap senja, dari kapal di tepi pulau.

2. Pulau Bidadari

Bidadari, yang berarti ‘pulau malaikat’ di Indonesia, adalah sebuah pulau kecil yang menawan yang terletak di barat laut Labuan Bajo. Pulau ini adalah surga pencinta air. Pantai berpasir putihnya yang sangat bagus sepertinya berasal dari surga, dan perairannya yang jernih dan sejuk menjadikannya tempat yang ideal untuk berenang, snorkeling, dan terutama belajar menyelam. Pulau, dapat ditempuh dengan perjalanan singkat 15-20 menit, merupakan pulau kecil. 14-15 hektar nya ditutupi bukit dan pepohonan, dan hampir dikelilingi oleh pantai yang indah.

3. Pulau Seraya

Wisatawan Hanya 10 km dari Labuan Bajo terletak Pulau Seraya yang kecil namun menawan (nama resmi Seraya Kecil). Tempat bersantai di pantai berpasir putih, berenang di air yang jernih. Tenang dan pirus atau menjelajahi dunia bawah laut yang berwarna-warni dengan beberapa kacamata dan snorkel membuat rutinitas harian Anda. Di sekitar desa nelayan kecil yang terletak di ujung selatan pulau itu. Anda bisa mendapatkan kesan gaya bagan tradisional memancing dengan struktur bambu yang terpasang di atas laut lepas.

4. Pulau Kanawa

Pulau Kanawa, yang terletak sekitar 15 kilometer dari Labuan Bajo di perbatasan Taman Nasional Komodo. Wisatawan dianggap sebagai salah satu pulau paling asyik di Asia Tenggara, dikelilingi oleh hamparan karang yang spektakuler dengan ribuan spesies ikan, kura-kura, karang, hiu karang , dan mantas. Sebuah bukit kecil di tengah pulau tak tersentuh ini menjamin pemandangan spektakuler ke taman nasional dan ke Teluk Labuan Bajo. Dari sini, Anda dapat menikmati matahari terbit dan matahari terbenam yang paling indah.

5. Kunjungi Pasar Ikan

Karena Labuan Bajo adalah kota pelabuhan, orang hampir bisa berharap untuk memiliki pasar ikan, yang bukan hal yang aneh. Sama seperti pasar ikan lainnya di setiap kota pelabuhan, pasar ikan buka pagi-pagi dan tutup pada siang hari, tapi buka lagi di malam hari. Pilih mentah atau matang, pasar ikan menawarkan beragam pilihan makanan laut yang baru saja Anda makan saat Anda berjalan-jalan di sekitar warung dengan keserakahan. Ada juga banyak restoran sederhana di sepanjang jalan, menawarkan makanan lezat setempat seperti sup ikan manis dan asam yang terkenal.

Fasilitas

Di semua pulau kecil ini, Anda akan menemukan akomodasi berupa bungalow dasar yang letaknya hampir persis di pantai. Ada juga sejumlah restoran kecil.

Namun, peralatan untuk snorkeling wisatawan tidak bisa disewa di setiap pulau. Di Bidadari Anda harus memiliki peralatan snorkeling sendiri yang bisa didapat dari tempat persewaan di Labuan Bajo sedangkan di Kanawa dan Seraya Anda bisa menyewa peralatan langsung di kepulauan.

Jika Anda siap untuk menyelam, Anda harus memeriksa sebelum berangkat apakah menyewa peralatan mungkin di pulau ini atau apakah Anda harus mengaturnya terlebih dahulu dari Labuan Bajo.

Pulau Bidadari dikelola oleh Reefseekers untuk resor menyelam; Namun untuk kegiatan menyelam bersama mereka, Anda perlu membuat pengaturan di kantor Labuan Bajo mereka, bukan di pulau ini. Pulau Kanawa dikembangkan oleh perusahaan Italia, dimana diving dimungkinkan tanpa ada pengaturan di Labuan Bajo.

Ada pulau-pulau kecil yang lebih menakjubkan di sekitar Labuan Bajo, seperti pulau Kalong dan Monyet, mudah dicapai wisatawan dan keduanya menawarkan kesempatan yang baik untuk menjelajahi fauna eksotis Flores. Karena belum ada akomodasi di pulau ini, kunjungan terbatas pada perjalanan sehari. Namun, pulau-pulau tersebut sangat dekat dengan pulau Rinca dan Komodo yang beberapa operator tur lokal menawarkan menginap semalam di desa-desa di kedua pulau tersebut.